Laman

Selasa, 04 Januari 2011

ketakutan, hal yang harus kita bina

sekarang ini banyak orang yang merasa takut. takut untuk memulai sesuatu, takut untuk berkata tidak, takut untuk berkata ya, takut untuk mengakui kesalahan, takut untuk berkata maaf ataupun terima kasih.
bahkan diantara mereka ada yang merasa takut untuk hidup dikarenakan berbagai alasan. ekonomi, cinta, kehangatan, keputus asaan. semuanya bagai berputar di ruang lingkup yang sama, ketakutan.

bukan karena takut atas apa yang telah ia perbuat, melainkan merasa takut akan hal yang akan terjadi nantinya sebelum dia bertindak. contohnya, saat seseorang berada dalam keadaan tertekan, dia bukanlah tidak mungkin akan mengatakan hal yang bertolak belakang demi menyelamatkan dirinya. sesungguhnya, meskipun pada nantinya dia tidak mendapat suatu hukuman atas apa yang dilakukannya (red : kriminalitas, pencurian, dsb), dia toh akan mendapat hukuman juga di akhirat nanti.

saya mengenal beberapa orang yang -dapat dikatakan- terlalu takut untuk melakukan sesuatu.
tidak mau meminta maaf karena takut mendapat masalah, tidak mau memulai sesuatu karena takut tidak bisa melakukannya, tidak mau berbicara karena takut dicela.
hal-hal seperti itu yang membuat pikiran kita tidak pernah maju, kita harus membiasakan diri berkata maaf -memang berat pada awalnya, tapi setelah mengucapkan maaf itu perasaan kita akan jauh lebih tenang dan nyaman dari sebelumnya-
membiasakan diri berkata tidak, karena setiap orang mempunyai kemampuan masing-masing, dan kata tidak juga bukanlah hal yang buruk.

tetapi takut bukanlah selamanya buruk, takut pada Sang Pencipta misalnya. rasa takut itu perlu dan harus ditanamkan dalam diri seseorang.
atau takut terhadap sesuatu yang menjadikan kita lebih waspada dan hati-hati dalam bertindak.

seperti hal lainnya, rasa takut itu harus ditempatkan pada posisi yang wajar dan semestinya.
rasa takut yang berlebihan akan mengganggu kejiwaan kita, memutuskan masa depan kita yang semestinya dapat berjalan sesuai yang kita kehendaki.

jangan diperbudak oleh rasa takut, tanamkan lah sedikit rasa percaya diri dalam jiwa anda.
maka anda akan menemukan sesuatu yang lebih indah dari apa yang anda lihat dan anda pikir..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

i don't hate comment. so comment this post, please. i will be glad..:D