Laman

Rabu, 26 Januari 2011

Pandangan Remaja tentang Remaja

Remaja. Apa arti remaja? apakah masa remaja adalah masa saat seorang anak berhura-hura? mungkin ya, tetapi menurut saya tidak.

menurut pendapat saya, remaja adalah masa peralihan dari anak menuju dewasa. pada masa ini seorang anak dituntut untuk menentukan yang terbaik dalam menjalani hidupnya nanti. seorang anak diperkenalkan berbagai macam tantangan dalam hidup. seorang anak diharuskan untuk memilah-milih mana yang baik dan tidak baik untuknya.

remaja, penuh dengan problematika. dimulainya kisah cinta, dimulainya kedewasaan, dan lain sebagainya.
dalam hal ini seorang anak menjalani proses yang berbeda-beda dalam hal pendewasaan dalan diri mereka. ada anak yang memang lebih suka berperan langsung, dalam hal negatif contohnya ikut temannya merokok, minum-minuman keras atau berpacaran yang tidak sehat. tetapi ada juga dalam hal positif, contohnya ikut serta dalam penggalangan dana, atau sebuah wadah yang bersifat keorganisasian.

ada pula sebagian remaja yang memilih sebagai pengamat dalam menjalani hidupnya, dengan memilah-milih mana yang baik dan tidak baik. saya termasuk dalam kategori ini.

semua proses tidak akan ada yang selalu berjalan sesuai apa yang diharapkan oleh orang lain. begitupun remaja, proses yang dialami seorang anak saat menginjak usia 12-17 tahun bukanlah proses yang singkat. seorang anak pasti mengalami berbagai macam hal dalam hidupnya.

banyak faktor yang mendukung proses ini;
1. sosialisasi antar keluarga
2. pergaulan di rumah dan di luar rumah
3. pola perilaku
4. dll

peran serta orang tua dalam proses ini juga sangat penting. setiap orang butuh pebimbing, begitu pun dengan remaja. ada baiknya jika orang tua mengawasi anaknya dalam memilah-milih mana yang baik dan tidak baik. dan seorang anak pun jangan ragu-ragu untuk bertanya apakah hal yang ia lakukan baik atau sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

i don't hate comment. so comment this post, please. i will be glad..:D