Laman

Sabtu, 16 Oktober 2010

sifat manusia, bukanlah warisan

sifat manusia. ada apa sih dengan sifat manusia? beragam sifat yang dimiliki manusia, baik dan buruk sifat manusia itu adalah kuasa Allah, dalam diri manusia terdapat sifat yang menjadikannya mempunyai karakter, dan karakter itulah yang membuat manusia disenangi atau dijauhi orang lain.
sifat buruk pada manusia sangatlah beragam, diantaranya pedendam, pemarah, kekanakan (childish), manja, cerewet, keras kepala, dll. begitu juga dengan sifat baik yang dimiliki manusia. namun, sifat buruk itu takkan pernah terlihat oleh orang lain apabila kita dapat menahan dan mengontrol sifat itu dengan baik.

bagi kaum wanita, kita hanya boleh memperlihatkan sifat-sifat itu pada pendamping hidup kita atau suami kita. mengapa? karena semua yang ada pada diri wanita adalah aurat yang harus ditutupi. termasuk sifat yang kita miliki.

beberapa orang beranggapan bahwa sifat adalah warisan atau hal yang diturunkan oleh orang tua mereka.bahkan kita sering bertanya mengapa dua orang anak yang dilahirkan kembar mempunyai sifat yang berlawanan atau berbeda satu sama lainnya. dalam kenyataannya sifat bukanlah turunan atau warisan dari orang tua kepada anaknya.

sifat seorang anak terbentuk dari lingkungan dimana anak tersebut berinteraksi. seorang anak biasa memendam amarah, biasanya dalam dirinya akan terbentuk sifat pemarah, pedendam, atau mungkin saja terbentuk sifat penyabar. atau seorang anak yang terbiasa sendirian, tidak punya teman, orang tua mereka bekerja sehingga intensitas pertemuan mereka dibatasi, maka dalam diri anak tersebut akan timbul sifat pemalu, pendiam, penyendiri, dan suka menyelesaikan masalah mereka sendiri tanpa bantuan orang lain.

kita bisa menghentikan sifat yang ada dalam diri kita apabila sifat itu merugikan diri kita, kuncinya adalah keyakinan. yakin pada diri kita sendiri kalau kita bisa menghentikan sifat itu. yakin pada diri kita kalau kita bisa merubah sifat itu. dan satu hal lagi, dukungan dari orang lain bisa mempercepat perubahan itu.

mengapa? karena kalau orang lain mendukung kita itu tandanya dia yakin kalau kita bisa berubah menjadi orang yang lebih baik lagi. tanpa kita sadari, saat kita berpikir untuk memilih satu dari sekian pilihan yang tersedia kita telah didukung oleh banyak orang yang sayang kepada kita. maka dari itu, lakukanlah yang terbaik dan ambilah keputusan yang menurut anda tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

i don't hate comment. so comment this post, please. i will be glad..:D